Posted by rampak naong - -



Setiap kali berjumpa dengan kyai ini, saya terus terang malu. Sebagai seorang yang setengah muda, saya bukanlah apa-apa. Bayangkan, di usianya yang sudah 75 tahunan beliau masih rajin mengaji kepada kyai yang semua usianya di bawah beliau. Setahu saya, beliau mengaji kepada 3 kyai, ada yang setiap minggu, ada yang setiap bulan.

Setiap mengaji beliau naik motor (maaf) butut, merk Honda grand keluaran tahun 90-an. Jarak tempuh tempat mengaji dari rumah beliau bisa 7 hingga 10 km. Beliau naik motor sendiri. Perawakannya yang kecil dibalut jaket sederhana sekedar untuk menahan angin. Semangat mengaji persis santri kelana tempo dulu, menjadikan beliau segar dan sehat.

Ya, itulah KH. Moh Ma'ruf. Saat ini menjabat Rais Syuriah MWC NU Gapura. Beberapa kali beliau mohon ijin untuk mundur dan memberikan kesempatan kepada yang muda, tapi tak ada satu pun yang mau menggatikannya, selama beliau masih ada. Semoga beliau dipanjangkan umur yang barokah dan diberi kekuatan mengemban tugas ke-NU-an.

Secara pribadi saya mengenal beliau sejak masih MI. Beliau adalah guru saya waktu MI dan MTs. Saya masih ingat, beliau dulu termasuk guru idola. Salah satu yang membekas bagi muridnya, adalah kesabarannya. Beliau tak pernah marah. Siapapun yang memandang wajahnya akan teduh. Karena beliau memang suka senyum. Senyum ketulusan, senyum keikhlasan. Suatu senyum yang memancar dari akhlakul karimah yang menjadi hiasan perilakunya. Apalagi wajah beliau sangat tampan, dengan deretan gigi putih mengkilat yang sangat enak dilihat.

Kepada muridnya beliau selalu menggunakan bahasa madura yang halus. Tak suka bicara jika tidak perlu. Tak pernah mengeluarkan bahasa yang kasar atau menyinggung. Apalagi membully seperti kebanyakan ustadz-ustadz dadakan seperti saat ini. Tak pernah. Jika beliau bersalaman dengan anak muda sekalipun, beliau membungkukkan badan dengan sangat hormatnya.

Keteladanan tu juga yang  beliau praktekkan di lingkungan MWC NU Gapura. Semua pengurus ta'dzim kepada beliau, karena beliau sangat istiqamah mengemban tugas ke-NU-an. Jika ada rapat selalu hadir tepat waktu. Bankan tak jarang, setiap kali rapat beliau membawa snack sendiri untuk diberikan kepada pengurus NU yang hadir di rapat.

Beliau tidak sekedar istiqamah menghadiri rapat-rapat dan pertemuan NU, tapi juga istiqamah mengawal NU yang tantangannya saat ini begitu terasa hingga level kecamatan. Dalam sambutan ketika Harlah NU yang dihadiri pengurus ranting beliau dengan gagah mengajak agar merawat NU sebagai warisan para ulama. Kira-kira mafhum mukhalafahnya, tak perlu mengikuti ormas lain.

Beliau juga sangat perhatian terhadap persoalan agraria yang kebetulan di kecamatan kami tanah sudah banyak yang terjual kepada investor. "VOC dulu datang awalnya mau berdagang. Lama-lama menjajah. Sekarang investor datang untuk menanam investasi, lama-lama tradisi kita dihabisi. Jaga dan jangan biarkan tanah sejengkalpun dijual", dawuh beliau dengan lantang.

Satu hal yang berkesan bagi saya, di balik kelembutannya beliau sangat kuat memegang prinsip. Ketika beliau mengikuti pendidikan di NU, meski usia sudah sepuh, beliau dengan semangat mengikuti pendidikan selama 3 hari 3 malam, dan tak pernah pulang ke rumah beliau. Saya tercengang ketika acara penutupan yang dilakukan outdoor jam 1.30 dinihari dalam suasana hujan deras beliau tidak mau menerima tawaran payung dari panitia. Beliau hujan-hujanan hingga hampir subuh sebagai penanda kegiatan pendidikan selesai. Sungguh kami yang muda malu.

Beliau bulan ini mau berangkat ke Tanah Suci Mekkah, "mengantar" istrinya yang belum haji. Mohon doa, semoga beliau sehat sekeluarga, memperoleh haji mabrur, dan pulang dengan selamat ke tanah air. Kami warga nahdliyin di Gapura masih membutuhkan bimbingan, doa, uswah, dan semangat tak kenal lelah mengurus NU dan warganya.

Pulau Garam l 2 Agustus 2017

One Response so far.

Langgar Careta mengatakan...

barokallah,,